Sejarah Karate Indonesia

 Karate masuk di Indonesia bukan dibawa oleh tentara Jepang melainkan oleh Mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang kembakli ke tanah air, setelah menyelesaikan pendidikannya di Jepang. Tahun 1963 beberapa Mahasiswa Indonesia antara lain: Baud AD Adikusumo, Karianto Djojonegoro, Mochtar Ruskan dan Ottoman Noh mendirikan Dojo di Jakarta. Mereka inilah yang mula-mula memperkenalkan karate (aliran Shoto-kan) di Indonesia, dan selanjutnya mereka membentuk wadah yang mereka namakan Persatuan Olahraga Karate Indonesia (PORKI) yang diresmikan tanggal 10 Maret 1964 di Jakarta.

Beberapa tahun kemudian berdatangan ex Mahasiswa Indonesia dari Jepang seperti Setyo Haryono (pendiri Gojukai), Anton Lesiangi, Sabeth Muchsin dan Chairul Taman yang turut mengembangkan karate di tanah air. Disamping ex Mahasiswa-mahasiswa tersebut di atas orang-orang Jepang yang datang ke Indonesia dalam rangka usaha telah pula ikut memberikan warna bagi perkembangan karate di Indonesia. Mereka-mereka ini antara lain: Matsusaki (Kushinryu-1966), Ishi (Gojuryu-1969), Hayashi (Shitoryu-1971) dan Oyama (Kyokushinkai-1967).

Karate ternyata memperoleh banyak penggemar, yang implementasinya terlihat muncul dari berbagai macam organisasi (Pengurus) karate, dengan berbagai aliran seperti yang dianut oleh masing-masing pendiri perguruan. Banyaknya perguruan karate dengan berbagai aliran menyebabkan terjadinya ketidak cocokan diantara para tokoh tersebut, sehingga menimbulkan perpecahan di dalam tubuh PORKI. Namun akhirnya dengan adanya kesepakatan dari para tokoh-tokoh karate untuk kembali bersatu dalam upaya mengembangkan karate di tanah air sehingga pada tahun 1972 hasil Kongres ke IV PORKI, terbentuklah satu wadah organisasi karate yang diberi nama Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI).

Sejak FORKI berdiri sampai dengan saat ini kepengurusan di tingkat Pusat yang dikenal dengan nama Pengurus Besar/PB. telah dipimpin oleh 6 orang Ketua Umum dan periodisasi kepengurusannyapun mengalama 3 kali perobahan masa periodisasi yaitu ; periode 5 tahun (ditetapkan pada Kongres tahun 1972 untuk kepengurusan periode tahun 1972 – 1977) periodisasi 3 tahun (ditetapkan pada kongres tahun 1997 untuk kepengurusan periode tahun 1997 – 1980) dan periodisasi 4 tahun ( Berlaku sejak kongres tahun 1980 sampai sekarang).

Adapun mereka-mereka yang pernah menjadi Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal (Umum) FORKI sejak tahun 1972 adalah sbb :

Periode/Masa Bakti Ketua Umum Sekretaris Jenderal/Umum Keterangan
1972 – 1977 Widjojo Suyono Otoman Nuh Kongres IV PORKI/FORKI 1972 di Jakarta
1977 – 1980 S u m a d i Rustam Ibrahim Kongres V FORKI 1977 di Jakarta
1980 – 1984 Subhan Djajaatmadja G.A. Pesik Kongres VI FORKI 1980 di Jakarta
1984 – 1988 R u d i n i Adam Saleh Kongres VII FORKI 1984 di Bandar Lampung
1988 – 1992 R u d i n i G.A. Pesik Kongres VIII FORKI 1988 di Jakarta
1992 – 1996 R u d i n i G.A. Pesik Kongres IX 1992 di Jakarta (Diperpanjang sd 1997)
1997 – 2001 W i r a n t o Drs. Hendardji -S,SH. Kongres X FORKI 1997 di Caringin Bogor Jawa Barat
2001 – 2005 Luhut B. Pandjaitan, MPA. Drs. Hendardji -S,SH. Konres XI FORKI 2001 di Jakarta
2005 – 2009 Luhut B. Pandjaitan, MPA. Drs. Hendardji -S,SH. Kongres XII FORKI 2005 di Jakarta

PERGURUAN KARATE ANGGOTA FORKI
1. AMURA
2. BKC (Bandung Karate Club)
3. BLACK PANTHER KARATE INDONESIA
4. FUNAKOSHI
5. GABDIKA SHITORYU INDONESIA (Gabungan Beladiri Karate-Do Shitoryu)
6. GOJUKAI (Gojuryu Karate-Do Indonesia)
7. GOJU RYU ASS (Gojuryu Association)
8. GOKASI (Gojuryu Karate-Do Shinbukan Seluruh Indonesia)
9. INKADO (Indonesia Karate-Do)
10. INKAI (Institut Karate-Do Indonesia)
11. INKANAS (Intitut Karate-Do Nasional)
12. KALA HITAM
13. KANDAGA PRANA
14. KEI SHIN KAN
15. KKNSI (Kesatuan Karate-Do Naga Sakti Indonesia)
16. KKI (Kushin Ryu M. Karate-Do Indonesia)
17. KYOKUSHINKAI (Kyokushinkai Karate-Do Indonesia)
18. LEMKARI (Lembaga Karate-Do Indonesia)
19. PERKAINDO
20. PORBIKAWA
21. PORDIBYA
22. SHINDOKA
23. SHI ROI TE
24. TAKO INDONESIA
25. WADOKAI (Wadoryu Karate-Do Indonesia)

PB. FORKI beberapa kali mendapat kepercayaan menyelenggarakan even Internasional diantaranya :
1. Menjadi tuan rumah APUKO II tahun 1976 dilaksanakan di Jakarta.
2. Menjadi tuan rumah APUKO VII tahun 1987 dilaksanakan di Jakarta.
3. Menjadi tuan rumah APUKO Junior tahun 1991 dilaksanakan di Jakarta.

Disamping even-even tersebut PB. FORKI dipercayakan juga oleh KONI Pusat sebagai penyelenggara pertandingan karate pada even Sea Games dimana Indonesia menjadi tuan rumah yaitu masing-masing :

1. Sea Games XIV tahun 1987 di Jakarta.
2. Sea Games XIX tahun 1997 di Jakarta.

PB. FORKI pernah menggelar even Internasional diluar agenda resmi dari WKF dan AKF sebagai inisiatif sendiri dari PB. FORKI yaitu “ Indonesia Open Karate Tournamen “ yang dilaksanakan di Jakarta tahun 2002.

156 Tanggapan

  1. karate merupakan beladiri yang sanat terkenal dan banyak diminati oleh umum pada saat ini. tetapi sekarang karate telah mengalami beberapa perubahan dalam pertandingan karena adanya keinginan dari WKF untuk masuk ke Olimpiade.

  2. Setahu Saya Karate masih tetap seperti dulu klo di Okinawa dan sebagian Japan mainland.Di Okinawa/Jpn masih banyak yang menjaga tradisi Karate secara utuh. Hanya JKF ( JKF-Gojukai,JKA,JKF Wadokai,JKF Shitokai ) /anggota nya yang berhubungan dengan WKF serta akhirnya memulai babak baru untuk sport karate memasuki arena Olympiade.

    Perlu di ingat WKF bukan didirikan oleh Jepang tetapi oleh Eropa. Sehingga tradisi original Karate Jepang/Okinawa sudah samar.Khususnya di Indonesia. Contoh misalnya KUMITE … saya bilang itu bukan KUMITE tetapi SHIAI KUMITE (Pertandingan Kumite ) .

    Sebab Klo Kumite tidak akan ada wasitnya alias berkelahi (free fight). Sebagai masukan dalam mempelajari KUMITE
    ada tahapan :
    1.Kihon Kumite
    2.Yakshoku Kumite
    – Ippon Kumite ( Masih di adapsi Oleh WUKO & WUKF )
    – Nihon Kumite
    – Sampon Kumite ( Masih di adopsi WUKO & WUKF)
    3. Jiyu Kumite ( Perkelahian bebas)
    4. Shiai Kumite (Pertandingan Kumite )

    Semoga bermanfaat

  3. osh…salm kenal dari kei shin kan semarang jawa tengah..

  4. saya juga anggota karateka indonesia saya punya satau pertanyaan bagai mana cara mendapatkan jurus jurus itu?

  5. osh…
    slam kenal ma dzaki nak
    bkc dojo smk pasundan 1
    kab.bandung

  6. ossssssssssss

    lo blh tau knpa ce pertarungan karate skrng bda dngn pertarungan yg dlu ??????????????
    kan pdhal lbih ramaian yg dlu
    blz /hbngi no; 085292520250 {susi similikiti weleh-weleh}

  7. karate tu hebat, salam dari anak amura….

  8. karate merupakan cabang bela diri yang sangat sejarah..
    aku udah 4 tahun ikuti karate dan mendapatkan prestasi yang bagus….
    salam karate OSH !!!
    dari : kiekie ” wadokai ” bogor ( cibinong )

  9. Osh….!!!
    Saya sedang mencari dojo sekitar pamulang atau bintaro untuk ikut berlatih kembali. Aliran yang saya ikuti dahulu adalah GOJU RYU ” Bhineka Sakti ” Terima kasih kepada yg telah memberi informasi.
    Osh…!!!

  10. Osh..!!!
    Saya sedang mencari dojo sekitar Pamulang atau Bintaro untuk ikut berlatih karate kembali. Aliran yang saya ikuti dahulu adalah GOJU RYU ” Bhineka Sakti ” Terima kasih kepada yg telah memberi informasi. alamat email saya ( untung_soeroto@yahoo.com ).
    Osh…!!!

  11. osh salam knal dr karateka lamongan

  12. Osh..!!
    SaLam KenaL Dari Karateka Black Panther Makassar,,

  13. Osh…!slm kenal,Wendy.From ‘GOJU-KAI SULUT’

  14. Osh….!!! saLam kenal daRi kei shin kan parepare… walaupun lain perguruan.. kita adalah karateka….

  15. onegaishimas…………………………. goju ryu karate-do salah satu dari 4 aliran terbesar dalam organisasi WKF. Gogen Yamaguchi adalah pencipta / penggagas pertandingan Kumite.

  16. oshhh salam karate : saya mau ambil gelar sabuk hitam dan 2 tpi blum ada yng mau mngadahkan ujian ambil dan tlong di smpaikan apabila sudah ada ujian >>>???? thanks for info

  17. osh… salam karate
    salam kenal saya karateka baru, inkai dojo man babakan lebaksiu tegal,,,, semoga karate m,akin jaya!!!

  18. osh…………

    kami dari dojo smp 1 dempet Demak ( BKC )
    salam kenal semuanya

    Osh…..

  19. junjung tingi kejujuran.

  20. saya seorang karateka INKAI sabet muksin dulu hahahahah,,…. salam kenal. dulu berlatih di KUTAI loa-jana KAL-TIM kisaran tahun 1989-1996. nama guru saya dulu Bp , ABU BAKAR. di mana kah beliau sekarang kalau pun masih ada yang seangkatan dg saya mohon kabari saya jalulambang@yahoo.co.id semoga tuhan mempertemukan kita kembali (isak lois uktolseya,)

  21. Osh..
    Salam kenal.
    Tolong infonya kepada samunya. Tentang black panther yg ada diJAKARTA.
    Karena saya mau ikut bergabung..
    Bagi yg tau tolong dibalasnya.

  22. Osh, sabuk hitam inkanas sumatra utara.
    jangan prnah mnyerah para karate ka !!
    hehehe q baru DAN 1 sich,, 8 tahun latihan….baru dapat hitam.
    OSH

  23. HOSH SEMUA YG MENGIKUTI KARATE SEKALI LAGI HOSH SEMOGA KARATE MAKIN BANYAK YG IKUT

  24. [...] Di kutip & disunting dari:  http://afrizaladmaza.wordpress.com/ [...]

  25. oshhhh…………………… smoga karate di indonesia tambah maju………dari agus hariyanto,lombok

  26. Osh..Z senang bangat dapat mempelajari karatedo Goju kai di Universitas Tadulako, kota Palu.
    salam kenal dari Z,
    Osh..

  27. Dengan berlatih beladiri, badan Z jadi makin sehat aj..
    salam kenal frends karatedo GOJU KAI. Z belajar GOJU KAI DI Fakultas FISIP UNEVERSITAS TADULAKO.Kota PALU. Profinsi Sulawesi Tengah.

  28. Osh !

    Salam kenal saya dari dojo AMURA :DD

  29. Osh..salam kenal..visit me..thanks..

  30. wah aliran yongmoodo over confiden tuh….
    sabuk hitam cukup ditempuh 5 bulan latihan sj kok pamer…..

  31. salam ya buat keluarga besar karateka ..
    aku dari BKC , depok .
    salam kenal …

  32. ya gitu dech

  33. Osh..
    Salam kenal.
    Tolong infonya kepada saya. Tentang black panther yg ada diJAKARTA.

    SaLam KenaL Dari Karateka Black Panther Makassar,,
    mau blajar lagi yang pnting aj yg sya perlukan
    wlapun bru sabuk putih itupun dlu..tpi pnting bagi saya.
    bls ya ? email:yusukadesu@gmail.com

  34. osh!!!
    Salam kenal,sudah 2 tahun lebih saya berguru di INKAI,sekarang sudah sabuk coklat kyu1,pdahal msih kelas 6sd,doakan mudahan cepat sabuk hitam,hehehe

  35. Osh…………!
    Kenapa Yong Moo Do tidak gabung ke FORKI krn mreka bukan latihan Beladiri but latihan Bunuh Diri ala Korea.

  36. boleh di copy

  37. saya seorang karate gokasi dasana
    saya sekarang kyu 1 sabuk coklat
    kelas 5
    salam kenal semua

  38. osh……..!

  39. osh………!

  40. osh………..

  41. osh…
    slam knal untk smua karate-do,
    sya giantico, sya dri perguruan lemkari, ranting wana asri, bandar lampung….
    sya seorang sabuk coklat kyu 1..
    sbener nya sya mau ngbil dan 1 tpi, sya pgen memperbagus gerakan nya dlu bru ngmbil dan…
    itu saja dri sya, untk smua nya slam knall…
    osh…

  42. oss, bandar lampung cari karate kyokushinkai ada??
    aku tinggal banjarmasin

  43. osh,jakarta saya sabuk hitam dan9 saya pelatih di jakarta tempatnya di smp 1
    murid ada 1.940 slam knall osh……………..

  44. osh !
    aq ancha dojo IBKI makassar, lam knal bwt tman2 anggota IBKI dmn aja

  45. osh… saya lemkari tahun 1998, ….smp1 tng …..tapi skarang tinggal sejarah

  46. osh….heran deh dri td pra krate-ka yg comen ngebanggain sbuk n DAN aja, jangn sombong….kmampuan tdak d lihat dri sbuk n DAN, itu smua hnya formalitas aja………

  47. osh,,,seorang karate sejati harus sanggup menguasai diri di segala bidang,,,salam damai dari wadokai…osh…

  48. osh…!!!
    salam kenal sy dewa c b sy dari (BKC)…….

  49. Selamat malam ,saya mau mendaftarkan cucu saya usia lima tahun laki2 sudah sekolah taman kanak2 dan empat tahun perempuan untuk ikut latihan karate di Lemkari….cucu saya tinggal di Cimanggis. Kira2 dimana alamat nya Lemkari kalau saya boleh tau…
    Sekian dan terima kasih

  50. osh…
    salam dari keluarga SMAN 1 BUNGURSARI.
    aku dari BKC . purwakarta, jawa barat
    salam kenal :)

  51. osh…salam buat keluarga besar KKI di Indonesia n keluarga besar karate lainnya…

  52. osh….saya seorang mahasiswa dan karateka dari okinawa jepang dan sewaktu saya pulang ke Indonesia saya heran di indonesia banyak karateka sabuk hitam yg sombong, kenapa ya ? padahal sabuk bukan ukuran kemampuan sesorang karateka sejati…
    (Buat karateka sabuk hitam yg sombong brani gak sama isri-istri lo dirumah…..jgn2 pada ISTI (Ikatan Suami takut Istri) semua sabuk hitamnya) haha…ha…

  53. Kemarin (9/10/2011) di Manado Sulut telah diadakan ujian kenaikan DAN II oleh Dewan Guru INKANAS (yg hadir: Sensei Elong Chandra, Sensei Yoyo, Sensei Nur Soleh, Sensei Suryo Purba, dll). Selamat buat teman2 karateka Inkanas Sulut.

  54. salam karate ,Osh…….

    salam kenal dari elna karateka Shotokan di BANTEN ,…

  55. Osh…

    Salam dari karate Amura SMPM 8

  56. salam karate osh…
    salam kenal saya Faridz Karate-Do aliran Shotokan (INKAI) dari kota hujan.
    semoga karate semakin jaya
    osh…..

  57. OSH…….
    Mau tanya kenapa salam+nama-nama serangan di KARATE sama dengan Nama di SHORINJI KEMPO?
    Apa bajak?
    Apa turunannya SHORINJI?
    Apa Pecahannya?

  58. OSH……….
    Cuma Mau tanya !!!!!!!!!!!!!!
    Kenapa di KARATE Salam+Nama-Nama serangan Sama dengan SHORINJI KEMPO?

  59. OSH……….
    Cuma Mau tanya !!!!!!!!!!!!!!
    Kenapa di KARATE Salam+Nama-Nama serangan Sama dengan SHORINJI KEMPO?
    APa KARATE dulunya berasal dari SHORINJI KEMPO?

  60. Osh……….
    Salam kenal yah…..
    saya karateka dari karawang………..
    KARATE SEMAKIN OK…….

    Osh……………………

  61. osh………
    salam kenal sy dari ranting padaherang sklh di smk n 1 pdherang
    sy dari anggota BKC,sy ingin berknalan dengan seorang karateka di seluruh dunia sy ingin menambah pegalaman seni beladiri sy sampe ke luar negri………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  62. OSH,,,!!
    salam kenal sya anggun sri lestari karateka asal PAREPARE sul-sel
    _saya berharap karate semakin oke_
    dan semakin kompak ciptaiin prestasi yang sangat membanggakan

  63. osh…..
    slam kenal saya drhie dojo smp nugraha kab Bandung pln dlam setahu syaa karate tuh …………OSH

  64. mo nnya kliaan sbuk warna aapa

  65. sempay tedie osh ……………………………….:I

  66. Osh!
    Thx buat informnya. Aku karateka Lemkari

  67. Osh mungkin opini di atas diperbaiki
    karena mahasiswa itu adalah sabeth muksin

  68. sy mw tnya nih,
    ap peralatan karate beserta definisinya?

  69. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.
    salam dari dewa aku dari karate (BKC).

  70. osh,,,!!!
    salam kenal dari kandaga prana di sukabumi,,,,
    karate di indonesia sekarang makin kacaw banyak sekali perpecah belahan di dozo,,,

  71. @windy iyaa bnerr bangett,,, salamm karatee darii sayyaa karateka hesti dari sukabumi :))
    memang bnarrr jd kacauu..

  72. Osh…
    Saya pengen menjadi karateka yang hebat…
    Saya ingin jgo berkumite…
    Bagaimana cara agar bisa berkumite jgo ya…???

  73. Osh…

    ” perkenalkan nama saya “ramadhan” saya tinggal di “JAMBI” saya dari Perguruan BKC … saya hanya pngen menyampaikan slm “KARATE-KA” ke pada semua / seluruh anggota karate di indonesia ‘

    ” saya tidak peduli kalian dari perguruan mana _ karna menurut saya semuanya sama ” dengan 1 tujuan yg sama _ untuk membela orang yg kita sayangi dan kita cintai _ melindungi diri kita sendiri _ dan membasmi kejahatan _ tetapi tidak untuk menyombongkan diri ataupun semacamnya _ tapi saya senang bisa berkenalan dengan kalian _ osh… trimakasih bnyak -_-”

  74. Nama saya marlince butar butar dulu saya latihan sabuk ptih sampai coklat di dojo shindoka cab. puskesmas keb.lama samping polres keb.lama.dgan senpai IIS, YULI RIJAL Ike,, DLL’.dan sring latihan bersama d RS..husada,bca asemka,dan mabes polri .senpai ban hitam Rudi Lengkong ,chunli, sakti dll thn 82 s/d 96 masih adakah cabang itu dan masih adakah cabang itu dan siapa pengurus skarang.saya skrang d krawang.dan siapakah yang bisa saya hubungi saat ini.

  75. osh….!!!
    mohon sedikit ralat pertama kali berdirinya karate di indonesia nama nya bukan PORKI(Persatuan Olahraga Karate Indonesia) tetapi PORKK yg berartikan Persatuan Olahraga Karate Kemayoran,karena pertama berdirinya karate itu sendiri bertempat dibandara Kemayoran,dan massa yg bergabung adalah massa dari bea&cukai bandara kemayoran…
    mungkin itu saja yg bisa saya ralat,mohon maaf bila telah lancang memberi kan ralat,bila ada salah kata saya mohon maaf…
    trima kasih……..

    osh…..

  76. Osh,salam karate kepada seluruh pencinta KARATE di tanah air terima kasih atas adanya rubrik ini untuk menyampaikan unek unek yang tentunya membangun demi kemajuan Karate, terutama kawan kawan yang baru mengembankan Dojo di tempat yang primitip dan terisolasi dan juga di daerah yang belum ada perguruan KARATE. Jadi saya berharap agar saling mendukung untuk mendirikan aliran KARATE apa pun yang penting Karate dapat di kenal orang lain, dan PB FORKI dan jajaranny kebawah agar mendukung.terima kasih. Radot Sitinjak Dan IV Goju, Kepulauan Riau

  77. osh……
    saya dari perguruan goju ass ….. salam kenal !!

  78. osh,salam karate…..

    menang gk y karate melawan taekwondo,soalny tmen gw banyak yg taekwond…..??banyak yg sombong tuhhhh

  79. heyy lo karate semua,kalian bisa gk melawan kempoo,jgn kyk smbong dikitt huhhh!!!!!!!!!!!!!!!

  80. bersikap arogan tidak di ajarkan di karate. belajar karate bukan untuk menjadi seorang yang sombong. jadialh seorang karate yang berbudi luhur.

  81. Aku sudah latihan puluhan thn ,tapi tidak ada pembinaan dan alat pendukung latihan ke ranting ranting dari kepala daerah setempat salam dari ‘karatika perguruan lemkari banjarmasin os h

  82. osh……..
    saya sangat senang sekali karena telah di ajar oleh hansi alexander william,ba……..
    dan trima kasih atas bimbingannya……..
    OSH…….

  83. Saran. . .saya
    Dlm bela dr karate
    d’harap kan. . .menjadi panutan ajang pretasi.
    Bukan buat tauran ,tp dngn jaman” sekarang ,bxk 0rng /kaum remaja yg slh meng’unakan xa. .

    Anak” sekarang menginginkan cepat dpt sabuk c0klat . . .karna mereka bukan jiwa karate ,melain kan ajang pamer. . .dan malah menc0reng keluarga besar karate. . .
    Padahal sa’t menjengjang atau sudah sampe c0klat ,itu lah tang’ung jwb yg tingi dr dlm dr kita.
    Bukan ajang pamer. .
    TERUS apa b0leh .
    Se 0rang anak menembak sabu. .
    Dr putih ke biru td ke kuning dulu,kebanyakan 0rng ada yg begit0 ,pantas kah itu ,itu sudah jelas ,dia hx mencari ajang gengsi. . . .
    Apa . . Ada UU xa. .
    Klu begit0. . . Blh d0ng nembak langsung item. . .
    Ga mungkin kan. .

    Karate itu. . . .
    Keahlian
    anak”
    remaja.

    Anak”
    tang’ung jawab
    dan px etika. .

  84. oss… Salam Karate
    saya Karateka Medan, Perguruan KKI…
    salam Kenal

  85. =OSH=

    Salam kenal dari KELUARGA BESAR LEMKARI KALIMANTAN SELATAN

    =OSH=

  86. Osh ,Salam Karate,semoga persaudaraan tetap terjalin dalam wadah beladiri.dari kami INKAI Dojo Kodim 1418 Mamuju

  87. Osh,Mohon petunjuk kepada para Sinpai tentang tempat dan pelaksanaan Ujian dari Kyu I ke DAN I INKAI. OSH,Terima kasih

  88. oosshhh,,,
    salam kenal saya,,tujuan akhir karate adalah kebersihan jiwa..dari INKAI magetan jatim

  89. porbikawa cabang tegal ad gak …. saya berminat banget ingin belajar

  90. oshhhh….. salam knal saya dari anak kei shin khan smpn4 padalarang.terimakasih…

  91. oshh..
    .sya bangga karena saya bsa mnjadi anggota arate khe shin khan dojo smpn 4 padalarang…

  92. oshh……….salam kenal saya dari anak kushin ryu m karate do indonesia jawa barat cabang cililin saya bangga menjadi anggota karate karena di karate saya bisa ber interaksi dengan dunia luar dan bersama karate saya mengalami banyak petualangan yg seru dan menyenangkan

  93. oshhh………..salam karate buat seluruh karateka indonesia moga bisa menjadi warga yg baik oshhh ci hampalas dojo mande

  94. oss salam kenal sya rico inkanas sulsel, salam kenal

  95. osshh…….salam karate buat kabupaten aceh tengah smoga lebih berkembang lagi karate kki kita bersama osshh.

  96. Osh….regard from Kushin Ryu Pangkalan Kerinci,P.baru,RIAU

  97. saya Dedi Hermawan Nainggolan saya anak medan
    facebook saya
    https://www.facebook.com/profile.php?id=100002282567258&ref=tn_tnmn

    Paling Besar dan terkenal:
    Goju-Ryu (pendiri; Chojun Miyagi)
    Shito-Ryu (pendiri; Kenwa Mabuni)
    Shotokan (pendiri/perintis; Gichin Funakoshi)
    Wado-Ryu (pendiri; Hironori Ohtsuka)

    Berikut beberapa perguruan/ALIRAN Karate di Jepang
    1. Budokai
    2. Butokukan
    3. Chito-Ryu
    4. Cuong Nhu Karate
    5. Doshinkan
    6. Dotokushin Kai
    7. Genwakai
    8. Gohaku-Kai
    9. Goju-Ryu (Goju-Kai)
    10. Goju-Ryu (Kanzen)
    11. Goju-Ryu (Okinawan)
    12. Goju-Ryu (Meibukan)
    13. Goju-Ryu (Unspecified)
    14. Goju-Ryu (Yamaguchi)
    15. Gosoku-Ryu
    16. Go Kan Ryu
    17. In/Yo Ryu
    18. Isshinryu
    19. Isshin Shorinji Ryu
    20. Jukido Jujitsu
    21. Kenseido
    22. Kobudo
    23. Koei-Kan
    24. Kokondo
    25. Kosho-Ryu Kenpo
    26. KoSutemi Seikan
    27. Koyamakan
    28. Kyokushin
    29. Kyokushinkai
    30. Kyu Shin Ryu
    31. Niharate
    32. Motobu-Ryu
    33. Mugen-Ryu
    34. Mushindo Kempo
    35. Okinawan Kempo
    36. Okinawa-Te
    37. Oyama Karate
    38. Ryokukai
    39. Ryuken
    40. Ryukyu Kempo
    41. Sankukai-Kenshikan
    42. Sanzyu-Ryu
    43. Seibukan
    44. Seido
    45. Seidokan
    46. Seikido
    47. Seikukan
    48. Seishin-Ryu
    49. Shindo Jinen-Ryu
    50. Shinjimasu
    51. Shinko-Ryu
    52. Shito-Ryu (Itosu-Kai)
    53. Shito-Ryu (Tanpa Spesifikasi)
    54. Shito-Ryu (Seishinkai)
    55. Shito-Ryu (Kofukan)
    56. Shito-Ryu (Kuniba Ha)
    57. Shito-Ryu (Motobu-Ha)
    58. Shokenkai Kempo
    59. Shorin-Ryu
    60. Shorin-Ryu Kenshin Kan
    61. Shorin-Ryu (Kobayashi)
    62. Shorin-Ryu (Matsumura)
    63. Shorin-Ryu (Matsubayashi)
    64. Shorin-Ryu (Sukunaihayashi)
    65. Shorin-Ryu (Shobayashi)
    66. Shorin-Ryu (Shorin-Kan)
    67. Shorinji Kempo
    68. Shorinji-Ryu
    69. Shorinji-Ryu (Sakugawa Koshiki)
    70. Shoshin-Ryu
    71. Shotokai
    72. Shotokan
    73. Shoto-Ryu
    74. Shudokai
    75. Shudokan
    76. Shutokan
    77. Shuri-ryu
    78. Shuri-Te
    79. Taiho-ryu
    80. Uechi-Ryu
    81. Wado-Kai
    82. Wado-Ryu
    83. Washinkai
    84. Washin-Ryu
    85. Yoseikan
    86. Yoshukai
    87. Yuishinkai
    88. Yuishinka
    materi referensi:
    yang tadi itu hanya yang terdaftar di forki aja, masih banyak perguruan/aliran karate yang tidak terakomodir oleh forki.
    Contoh: di Goju Ass. aja di dalamnya terdapat banyak Goju ryu dari berbagai style. Atau Shito ryu, Hayashi-ha Shito ryu sebagai contoh tidak terdaftar di forki.

    3 tahun lalu

  98. DAN LANAL BSN CUP VI 2012 luar biasa…….

  99. osh…..nama harmin,saya dari inkai kopassus,,salam kenal semua,,saya DAN 1,untuk bulan desemer rencananya seh ambil DAN 2,

  100. osh…..nama saya afrisa,dari kki-dojo ken arok malang,salam kenal saya masi sabuk coklat dan ahir tahun 2012 saya akan pergi ke jakarta untuk gakhosu.

  101. osh…
    slam knal untk smua anggot karatee………

  102. osh…..
    salam knal untuk sluruh anggota karate
    saya arif dari bandung karate club (lampung barat)
    saya baru sabuk coklat.
    terima kasih :)

  103. osh karate is cool just it

  104. osh
    slam smu bgi tman2 di seni bladiri do tako indonesia

    sya kamarudin simarmata

    tingkat:sbuk hijau

  105. Oss…! Abdul Khayi DAN III Inkai No MSH 4957 Pengprov DI Yogyakarta.

  106. Salam Karate Osh…menurut saya karate adalah pembentukan sifat dan karakter manusia sbagai makhluk yang berfikir yang di landasai oleh 5 janji karate.seberapa hebat praktisi karate kalau da kluar dari janji karate tersebut dia sebetulnya bukan karateka sejati

  107. Menurut saya karateadalah membentuk manusia berjiwa kesatria
    baik di arena maupun di luar arena

  108. Owh.. jadi gitu.. dari kyu 10-2 baru skrg aq tahu…

  109. .osh !!
    slam knal untuk seluruh anggota karate :)
    saya fanny dari INKAI PALASKA JAYA (SMP N 14 SURAKARTA)
    trrima kasih :)

  110. osh….
    salam kenal untuk semua karateka indonesia…
    saya dari KKI Lobar

  111. Osh ……
    salam bagi seluruh ikatan karateka
    saya bangga karena karate pun ada di indonesia
    tapi saya anehh di sini semua topik pembincaraannya tentang kumite kalau tentang KATA bagaimana
    salam saya dari BKC bandung barat kab JABAR

  112. osh……
    karate itu bela diri yg paling hebat dri pada bela diri yg lain!
    Salam dri perguruan BKC dojo Asrama Rindam.

  113. rahasia karate ada di KATA..tahun 2007 saya bertemu seseorang dia mengajarkan bunkai jutsu atau aplikasi kata…saya kaget ternyata karate tidak seperti yang saya kira..contoh tangkisan age uke ternyata fungsi lain dari age uke adalah menyerang sasaran leher..dia juga mengajarkan MUSHIN atau mengosongkan pikiran…karate luar biasa…dia juga bilang jangan pernah menyerang terlebih dahulu…

  114. ossh….lam knl saya dari karate wadokai nirwana psr minggu jakarta

  115. osh cuma salam kenal aja kalo ada yang ngadakn ujian sabuk hitam dan 3 tolong kasih tau aku aja ya di fb ku ni alamatnya http://www.facebook.com/adi.riyadi.3705?ref=tn_tnmn

  116. aslmualaikum,,, lw boleh tau perguruan karate d pekanbaru ada atau tdk???

  117. Osu.. Salam kenal Dari karate Kyo Kushin Kai Kramat Djati.

  118. Terima kasih atas infonya,kami harapkan anda bisa bergabung bersama kami http://www.unsri.ac.id

  119. Assalammu’alaikum.. OSH..

    salam bagi semua karateka yang membaca. saya karateka baru. dari dojo SMPN4 Bukittinggi. Semoga Karate semakin jaya :D Nindy (Lemkari)

  120. osh..
    salam kenal buat karate black panther…

  121. osh…
    saya juga sudah mengikuti karate sekitar 3 tahun tetapi kenapa gerakan dan dasar dalam setiap perguruan itu berbeda
    tolong penjelasanya.
    oss salam armoba prasfa……….

  122. OSH….
    Saya Karateka INKAI dari PAPUA…..
    Salam Karate untuk semua…..

  123. .,osh,
    kenalkan nama aku anita indriyani dri kki cililin,
    aku mau di ajarin materi” tentang karate, kebetulan aku ru msuk ke karate nya,,

  124. hallo bapak / ibu salam kenal, saya mau tanya tempat belajar bela diri karate untuk putra saya umur 6 tahun yg di daerah jakarta pusat dimana yah?? sebelumnya trima kasih banyak..

  125. osh salam karate semangat

  126. Osh…salam kenal

    Dari inkai grand wisata
    Untuk para karateka tetep ☀̤̣̈̇ Ş̲̣̥є̲̣̣̣̥М̣̣̥̇̊α̇̇̇̊N̤̥̈̊Ǧ̩̥α̣̣̥τ̩̩̥ ☀̤̣̈̇. Mengembangkan karate sampai kepenjuru indonesia

  127. osh..
    saya karateka tako labuhan batu sumut..
    salam kenal

  128. osh salam karate
    dari team wiyung jaya INKAI

  129. osshh!
    salam kenal untuk karateka seluruh dunia , aku dari perguruan gokasi banten .
    aku menjadi karateka sudah 1 tahun. seneng bisa menjadi karateka gokasi banten , karena senpay nya mengajarkan dengan baik dan mudah dimengerti , selain itu aku bisa dapat prestasi , dan aku bisa bela diri .

    semoga perguruan karate di indonesia tambah maju .
    salam karate ossshh!!

  130. Oshhhh.

    Salam kenal sya dari lombok tengah..

    INKANAS moga tetep maju

  131. oshh .. !!

    saya si karate-ka inkai dojo ciampea.. sudah 3 thun saya belajar karate.. dan allhamdulillah mendapat prestasi yang bagus.. saya thalia si karateka salam kenal smua .. oshh .. !!

  132. osh … salam kami dari karate inkai nganjuk

  133. osh

    salam kenal,
    saya dari karate gokasi ulujami, jakarta selatan.

    saya cuman mau kasih info, kalo telah dibuka penerimaan peserta didik baru. di daerah ulujami, jakarta selatan.

    buat semuanya yang berminat, silakan datang langsung ke lokasi.

    Arigato gozaimasu

    osh

  134. Ossshh…
    Salam hormat untuk semua KARATEKA INDONESIA semoga semakin > sanggup memelihara keperibadian
    > sanggup patuh pada kejujuran
    > sanggup mempertinggi prestasi
    > sanggup menjaga sopan santun
    > sanggup menguasai diri
    salam dari KARATEKA INKANAS LOMBOK (NTB)…
    Ossshh…

  135. osh,..

    nyari dojo yg ada di daerah cilacap, tapi ane perguruannya dulu wadokai, makasih, osh

    dimasrisnanto@yahoo.com

  136. Ini sumbernya dapat dari mana?? penasarannya aja ga ada maksud nge hina loh….
    saya dari mahasiswa olahraga UNIMED.

  137. karate melatih otak kanan dan otak kiri

  138. karate akan melatih otak kanan dan otak kiri kita

  139. […] Sejarah Karate Indonesia […]

  140. karate tu memang hebat salam dari anak inkanas

  141. Oshh….
    Salam Kenal Saya Bayu Frayudi Dari karateka Sabuk Hitam Dojo SMP PGRI 1 CIAWI saya dari perguruan BKC

  142. Salam Karate, Osh!!!
    Saya karateka INKAI dari Tegal juga, tapi saya masih sangat baru, saya mau tanya, siapa sih sensei yang pertama membawa INKAI ke Tegal?

  143. osh saya dari inkai bekasi……O2SN 2013 kapan di mulai ya???

  144. minta alamat dan no fax shito ryu,saya pengen buka kalbar

  145. hub saya di no 085245877774

  146. saya pengen mengembangkan shito-ryu di kalimantan barat, tlng no fax atw no HP yg bs sy hubungi….hub sy di no 085245877774

  147. osh….salam dr inkai sekoci jakarta..slm karateka osh….!!

  148. Osh …
    Salam Karate dari saya @Sentari ,, Aliran LEMKARI

  149. kempo dan karate sama aja. yang penting bukan tingkatan sabuk kalian,, bukan sekuat apa kalian di arena,, belajar bela diri adalah melatih kalian untuk kuat menahan diri,, dan memperthankan diri dari. saya sudah pernah merasakan jadi atlet karate maupun kempo. jadi gunakan lah ilmu kalian dengan bijak.

  150. osh
    salam kenal dari gabdika shito ryu kai

  151. osh….slm kenal dr inkai sekoci jakut…….

  152. Untuk Senpai Fajar Darmawan dari Tegal, coba tanyakan ke Sensei/Senpai di Tegal Kota dan Kabupaten kenal tidak dengan Sensei Widodo, Sensei Santosa, Sensei Siregar (Ratno Hadi “Siregar”), juga untuk Sensei generasi dibawahnya seperti Sensei Mufid dan Sensei Harsono. Terima kasih

  153. osh !! salam dari do-goju lampung utara
    semoga karate akan semakin jaya amin… !!

  154. Saya dulu sekitar tahun 1993 ikut Karate di SMAN Rengel cabang dari SMADA Lamongan PORBIKAI ( Persatuan Olah Raga Beladiri Karate Indonesia ) sinsei Yudhi Ardhi siregar , apakah ada yg tau , sekarang saya lihat kok tk ada dikeanggotaan FORKI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: